Sabtu, 25 Februari 2012

KEPE KEPE FISH


IKAN KEPE KEPE

Apakah teman-teman pernah dengar istilah muka desa rejeki kota, itu yang berarti walaupun muka desa (pas2an) tapi dikota dia terkenal dan sukses…
Nah ini tentang ikan, saya heran dengan nama ikan yang agak aneh. Namanya itu ikan kepe kepe. Kenapa bisa namanya gitu, apa orang yang pertama menemukan namanya kepe-kepe (??!!!), kan biasanya gitu, ikan diberi nama sesuai dengan nama penemunya. Tapi its okey lah, gak usah bahas yang tentang asal muasal namanya, saya cuman pengen sharing sedikit kepada teman-teman tentang ikan kepe kepe ini.  Ikan ini saya beri istilah nama aneh tapi banyak pengemarnya (artis).
Ikan kepe kepe tergolong dalam suku Chaetodontidae. Ikan-ikan dari suku ini mempunyai tubuh yang lebar tetapi pipih. Terbayang seperti tapisan kali, hehe.. ukurannya tidak lebih dari telapak tangan kita. Tubuhnya dihiasi dengan corak dan warna yang sangat indah dan menarik, oleh karenanya ikan ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai ikan hias… wuih seperti artis nie, dikejar2…
Mereka biasanya ditemukan hidup di perairan terumbu karang, acapkali berpasangan atau dalam kelompok-kelompok kecil. Umumnya mulutnya lancip dan rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil dan tajam untuk mencari makanannya di celah-celah karang batu.
                Di perairan Indonesia terdapat sekitar 45 jenis kepe-kepe. Salah satu yang amat popular adalah kepe-kepe sumpit (Chelmon rostratus) wah… peranakan chines ni… ikan ini mulutnya lancip dan sangat panjang kedepan. Tubuhnya dihiasi garis-garis lebar vertikal berwarna jingga. Dipangkal sirip punggungnya yang berdiri halus terdapat gambaran bundar berwarna gelap kebiruan.

Selain itu ada pula kepe-kepe tikar (Chaetodon collare) yang mempunyai corak seperti anyaman tikar pada tubuhnya (wah… kalau kapan-kapan gak punya tikar, boleh nih dipinjam, hehe). Ada juga kepe-kepe jenis lainnya, Caetodon octofasciatus, yang mempunyai enam sampai delapan garis-garis vertical yang gelap diatas latar belakang yang kekuning-kuningan (Untung bukan 7 warna, kalau 7 warna nanti namanya ikan mejikuhibiniu).

Nah itu sedikit sharingan buat teman2 semoga bermanfaat…

-Dhian Purnama-
23 Februari 2012

Referensi : Nontji, 1987. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar